Bank OCBC Manfaatkan Oracle Cloud dalam Sistem Pengelolaan SDM
- Mathilda Gian Ayu
- •
- 29 Mar 2022 08.14 WIB
Bank OCBC NISP telah memanfaatkan teknologi Oracle Fusion Cloud Human Capital Management (HCM) untuk otomatisasi sistem pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan proses kerja dalam bisnis perbankan.
Menurut Head of Applications Oracle Indonesia Iman Muhammad, bank dan organisasi lainnya yang berhadapan langsung dengan pelanggan harus segera beradaptasi agar dapat memberikan layanan tanpa batas kepada pelanggan seraya memastikan lingkungan kerja yang aman dan efisien bagi karyawannya.
Dilansir dari Beritasatu.com, Oracle Fusion Cloud HCM yang dikembangkan dengan platform cloud merupakan solusi menyeluruh yang menghubungkan proses SDM mulai dari perekrutan hingga proses pensiun. Layanan ini memberikan pengalaman yang konsisten di berbagai perangkat dan dapat menjadi sumber data terpercaya terkait SDM.
Selain itu, data tersebut dapat membantu proses pengambilan keputusan dan memampukan organisasi menghadirkan inovasi terkini untuk menjawab kebutuhan masa kini dan di masa yang akan datang. Melalui Oracle Cloud HCM, bank pun mampu melakukan otomatisasi proses SDM, mengurangi pengolahan data manual secara signifikan, sehingga data terintegrasi secara transparan dalam satu platform.
Melalui penggunaan Oracle Cloud HCM, akses ke sumber daya utama di Bank OCBC NISP semakin meningkat, pengalaman karyawan semakin konsisten dan terukur, dan adaptasi proses dapat dilakukan dengan cepat. Yang terpenting, pembaruan otomatis membantu pelanggan kami selalu ter-update dan mendapatkan keunggulan kompetitif.
Head of Human Resources Bank OCBC NISP Julie Anwar menjelaskan, dengan menggunakan Oracle Fusion Cloud HCM maka OCBC NISP dapat memanfaatkan teknologi berbasis cloud terukur guna membantu perampingan proses serta memanfaatkan data yang sudah terpusat untuk perencanaan, pengelolaan dan optimalisasi proses SDM. Implementasi ini menjadi bukti nyata bahwa Bank OCBC NISP berada di jalur yang tepat untuk digitalisasi dan peningkatan alur kerja SDM-nya.
“OCBC NISP ingin memberikan empowerment kepada staff kami sehingga dapat bekerja secara lebih efisien dan efektif. Komitmen ini telah dimulai bahkan jauh sebelum pandemi terjadi dan meskipun organisasi masih berada dalam tahap awal adaptasi. Dengan memanfaatkan Oracle Cloud HCM, tidak hanya produktivitas karyawan yang semakin meningkat, melainkan kualitas pelayanan operasional bank juga meningkat,” ujar Julie.
OCBC NISP merupakan bank terkemuka di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan keuangan komprehensif didukung dengan jaringan yang luas di seluruh negeri. Sejalan dengan komitmen untuk menghadirkan pengalaman perbankan sesuai kebutuhan nasabah, Bank OCBC NISP menghadirkan layanan digital yang komprehensif bagi para nasabah individu dan korporasi melalui aplikasi mobile banking, internet banking dan online advisory.
Kemudian pada saat bersamaan, Bank OCBC NISP juga melakukan pembaruan proses SDM dan menciptakan pengalaman tanpa batas bagi karyawannya dengan beralih menggunakan teknologi berbasis cloud.